Seiring dengan perkembangan teknologi dan juga kenaikan pertumbuhan para pemakai sepeda motor atau roda dua di seluruh penjuru Indonesia yang sangat pesat. Hal ini tentunya ditandai dengan semakin padatnya para pemakai jalan raya yang semakin hari terus menerus mengalami kenaikan. Banyaknya kendaraan maka akan  memberikan dampak positif untuk sebagian orang. Usaha yang baru-baru ini merupakan pengaruh naiknya jumlah kendaraan-kendaraan roda dua yang bisa terlihat dengan jelas seperti distributor sparepart.

Beberapa pengusaha atau pebisnis beralih untuk memilih usaha seperti bengkel sepeda motor yang bisa dijadikan usaha yang dianggap prospektif. Selain itu usaha seperti jual aksesoris dan juga sparepart sepeda motor atau roda dua menjadi trend yang terus meningkat dengan adanya tingginya permintaan pasar.

Peluang Usaha Terbuka Lebar

Kini Peluang usaha ini masih terbuka lebar karena pasarnya yang sangat luas, dan juga setiap tahun kendaraan bermotor pada  khususnya motor ini yang terus menerus mengalami peningkatan di setiap daerah di seluruh Indonesia. Hal tersebut juga yang membuat pelaku bisnis baru memulai melirik usaha seperti toko Aksesoris dan juga Sparepart motor, karena peluang usaha yang begitu luas dan keuntungan yang didapatkannya pun lumayan besar.

Langkah Membuka Usaha Ini

Kemudian bagaimana cara untuk membuka usaha seperti toko aksesoris dan sparepart motor ini ? berikut ini kami jelaskan langkah-langkah yang mestinya dilakukan dalam memulai usaha ini, berikut pembahasannya :

  1. Persiapkan Modal atau dananya untuk Aksesoris dan Sparepart Motor

Modal pertama yang mesti disiapkan adalah menyewa tempat untuk usaha (jika Anda tidak memiliki tempat sendiri), maka anggaran yang dibutuhkan untuk menyewa tempat maksimal sekitar 20% dari modal awal yang mestinya dipersiapkan. Sarana dan prasarana atau perlengkapan yang harus ada di toko, anggaran untuk perlengkapan atau sarana dan prasarana toko sekitar 10% dari modal awal Anda. Barang dagangan atau jualan,  anggaran yang dibutuhkan maksimal, sekitar 70% dari modal awal Anda. Anggaran peralatan untuk bengkel (Jika toko Anda memiliki bengkel) anggaran seperti ini dapat menyesuaikan dengan kondisi keuangan, kita dapat mencari barang bekas supaya bisa menghemat biaya dan juga peralatan jasa lainnya seperti cuci motor sehingga anggaran dapat menyesuaikan.

  1. Menentukan Lokasi atau tempat Usaha Toko Sparepart dan Aksesoris

Lokasi atau tempat usaha akan dapat mempengaruhi keberhasilan dari usaha toko Aksesoris dan juga Sparepart motor secara jangka pendek, sedangkan untuk jangka panjangnya, dapat dipengaruhi bermacam-macam faktor selain lokasi usaha yaitu harga, kualitas dari produk Anda, kemudian pelayanan kepada pelanggan dan juga pemasaran. Lokasi yang sangat cocok dalam usaha ini adalah tempat yang memiliki letak strategis secara ekonominya yaitu Lokasi yang berada di pinggiran jalan raya seperti jalan kabupaten, jalan kecamatan ataupun jalan provinsi yang sedang, sebaiknya hindari lokasi di jalan Negara dan juga jalan provinsi yang besar. Lokasi di daerah jalan raya yang  terdapat jalan dua arah dan juga tanpa ada batas-batas jalan di tengah-tengahnya dekat dengan tempat pemukiman atau rumah padat penduduk selain itu juga Dekat dengan pusat-pusat keramaian seperti kampus, pasar, Sekolah dan juga perkantoran.

  1. Mempersiapkan terlebih dahulu sarana dan Prasarananya Yang Dibutuhkan untuk di Dalam Toko

Setelah itu lokasi sudah Anda dapatkan dan menurut Anda sudah cocok, maka persiapkan sarana terlebih dahulu yang diperlukan untuk dapat menunjang operasional usaha atau bisnis Anda nantinya seperti distributor sparepart yaitu seperti Rak barang-barang, Etalase, kursi Meja, Papan Nama, dan juga Komputer beserta aplikasi tokonya, selain itu Anda mesti dapat mempersiapkannya jika ingin pembukuannya tertata rapi. Sarana dan prasarana sebuah toko haruslah diusahakan dengan dana seminimal mungkin dan jika memungkinkan Anda dapat menggunakan barang yang sudah dimiliki di rumah tanpa harus membeli barang lagi, karena sarana dan prasarana di toko hanya menjadi barang yang tidak memperoleh keuntungan atau laba akan tetapi bisa dibilang belanja yang menyusut dan mengurangi laba.

  1. Mempersiapkan produk barang dagangan

Dalam mempersiapkan produk untuk berjualan sehari-hari adalah pemilihan distributor dimana nantinya Anda membeli produk untuk pertama kalinya. Anda harus dapat memilih distributor dengan reputasi yang baik. Tujuannya adalah untuk dapat mempertimbangkan harga jual produk, kelengkapan keaslian produk dan juga jaminan garansi nya dari supplier tersebut.

Dalam mendatangi supplier produk tersebut sebelum Anda melakukan transaksi pembelian, untuk melihat kelengkapan produk dan juga kelengkapan dari produk yang di berikan supplier tersebut. Selain itu juga dapat mencari keterangan lengkap mengenai produk dan juga mekanisme pembeliannya. Apabila akan melakukan pembelian produk melalui internet maka sebaiknya Anda harus mendatangi tempat distributor tersebut karena banyaknya penipuan yang saat ini terjadi melalui internet. Hal lainnya lagi yang masih perlu Anda perhatikan lagi dalam mempersiapkan produk yang Anda jual adalah mengenai kelengkapan produk.

Kategori utama yang mesti Anda sediakan yaitu produk fast moving. Akan tetapi anggaran pembelian Anda jangan sampai hanya diperuntukkan produk fast moving saja, melainkan harus menyediakan jenis produk middle moving atau intermediate. Hal tersebut disebabkan pelanggan yang akan datang ke toko distributor sparepart Anda datang dengan bermacam-macam keluhan dan kebutuhan produknya yang berbeda-beda.